Cara mendaftar & membuat blog dengan Blogspot / Blogger

Blogger/Blogspot adalah platform blogging/layanan publikasi blog milik google yang digunakan untuk membuat webblog. Blogger sendiri memiliki banyak fitur didalamnya, kemudahan mengganti template, backup post, export/import, dan konfigurasi lainnya. Blogger ini sangat cocok bagi anda yang baru saja ingin memulai untuk ngeblog. Untuk mendaftar atau membuat blog menggunakan fasilitas dari blogspot/blogger ini anda tentunya harus memiliki sebuah email. Dan disarankan email dari "gmail.com" untuk memudahkan registrasi.


Jika anda belum memiliki email atau apapun anda pun bisa langsung mendaftar blogger:
1. Buka Situs Blogger.com
URL : http://www.blogger.com

2. Pilih Create Account:
3. Lalu isikan data anda, username secara otomatis akan membuat akun email di gmail, dan produk google lainnya.


4. Selesai, akun telah terbuat:

5. Masuk Ke Blogger:

6. Pilih Buat Profil Google+ atau Buat Profil Blogger, jika anda hanya ingin membuat blogger saja, pilih profil blogger saja, untuk google + bisa disetel kemudian.


Jika sudah lanjutkan ke Blogger.

7. Kemudian Buat Blog pertama anda.
Pilih Blog baru


Kemudian isikan judul blog anda, dan alamat blog anda. Pastikan alamat tersedia:

Jika sudah tekan tombol "buat blog", judul dan alamat sewaktu-waktu dapat diubah jika kurang sreg. Maka blog telah selesai dibuat, dan siap untuk posting blog.


Untuk melihat blog tekan saja tombol "Lihat Blog", dan default templat blog anda akan seperti ini pada saat pertama kali membuat:





Selesai blog telah jadi dan bisa diakses publik, langkah selanjutnya adalah konfigurasi blog yang akan dibahas di postingan selanjutnya. :)